Thursday, March 17, 2011

KRI Teluk Parigi-539 Angkut Marinir ke Biak

JAKARTA (Pos Kota) – Salah satu Unsur kapal perang jajaran Komando lintas laut militer jenis Angkut Tank (AT ) tipe Frosch KRI Teluk Parigi-.539 mengangkut pergeseran pasukan Marinir dalam rangka penugasan ke pulau-pulau terluar diwilayah Indonesia Timur yang berbatasan dengan negara tetangga.

Kapal perang dengan Komandan KRI Mayor Laut (P) Rahmad Arief Bintoro yang sehari-hari dibawah jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil ) Surabaya ini melaksanakan operasi lintas laut dari pangkalan pasukan Marinir di Surabaya ,menuju wilayah Indonesia Timur dengan menempuh pelayaran diantaranya perairan Kupang, Sorong Merauke sampai dengan Pulau Biak.

Dalam kegiatan operasi tersebut, kapal perang TNI AL ini mengangkut pasukan Mainir satu kompi yang dilengkapi dengan peralatan operasional di lapangan, dukungan logistik dan material dalam melaksanakan tugas pengamaman di pulau perbatasan .

Kompi Pasukan Marinir dari pangkalan induk pasukan di Pasmar Surabaya ini ditugaskan untuk melaksanakan pergantian /roling penugasan menggantikan pasukan yang telah bertugas lebih dari enam bulan di pulau-pulau terluar kawasan timur di Wilayah Papua

Di Pulau Biak , melaksanakan debarkasi pasukan untuk ditugaskan sebagai pasukan pengamanan pulau-pulau terluar menggantikan satuan tugas Marinir yang telah lebih dari 6 bulan bertugas di wilayah tersebut diantaranya Pulau Beras dan Pulau Pani.

Kapal perang jenis angkut tank tipe Frosch tersebut selama melaksanakan tugas angkutan laut militer di wilayah timur ,sekaligus melaksanakan operasi keamanan laut sepanjang wilayah yang menjadi route operasi..

Untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengawaki kapal perang, sesuai dengan arahan dari komando atas dilaksnakan berbagai serial latihan peran diantaranya latihan peran kebakaran, peran kebocoran sampai dengan peran Peninggalan.

Kegiatan latihan peran-peran ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Didit Herdiawan,MPA,.MBA.,pekan lalu bahwa dalam upaya meningkatkan kemampuan, kepedulian, dan kecekatan seluruh prajurit Kolinlamil khususnya para pengawak unsur kapal perang. Utamakan keselamatan personel dan material alut sista TNI AL dalam melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer.

Kepala Dinas Penerangan Kolinlamil

Agus Cahyono
Letkol laut (KH) NRP 10881/P


Source: www.poskota.co.id