Wednesday, September 7, 2011

Guru Lulus Sertifikasi Akan Diroling ke Pedalaman

PARA guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi guru di Kabupaten Merauke tampaknya harus bersiap-siap berangkat dan bertugas di daerah pedalaman atau kampung-kampung. Pasalnya, Pemkab Merauke akan segera melakukan roling guru yang sudah sertifikasi ke pedalaman sementara guru yang berada di pedalaman selama ini akan diroling ke Kota Merauke.

Tentang roling guru yang lulus sertifikasi tersebut diungkapkan Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT, saat melakukan evaluasi program pembangunan dengan pimpinan SKPD berlangsung di Operation Room Kantor Bupati, Senin (5/9).

‘’Guru-guru yang sudah lulus sertifikasi akan kita roling ke pedalaman sementara guru yang ada di pedalaman akan kita tarik ke Kota,’’ lanjut Bupati Romanus.

Menurutnya, kebijakan tersebut harus dilakukan karena merupakan tuntutan Undang-Undang dimana setiap guru harus berkualifikasi minimal sarjana atau S1 untuk selanjutnya bisa mengikuti sertifikasi.

Sementara, guru-guru yang bertugas di kampung yang sebagian besar lulusan setingkat SMA dan DII PGSD tidak memungkinkan untuk bisa mengejar kualifikasi S1 tersebut jika tidak ditarik ke kota karena fasilitas di pedalaman tidak ada.

Di satu sisi, jika semua ditarik tanpa dilakukan roling dari guru yang sudah lulus sertifikasi maka sekolah-sekolah yang ada di kampung-kampung akan kekosongan tenaga guru.(ulo/nan)

Sumber; http://www.cenderawasihpos.com/