Monday, January 30, 2012

Tekan Konflik Papua, Polri Diminta Aktifkan Polmas

JAYAPURA - Komisi III DPR RI meminta Polri untuk mengaktifkan peran polisi masyarakat (polmas) dan kamtibmas guna mencegah kemunculan konflik di daerah. "Dengan meningkatnya peran polmas dan kamtibmas, diharapkan berbagai konflik dapat diredam sebelum meluas," kata Ketua Tim Komisi III DPR RI, Azis Samsudin, kepada wartawan di Jayapura, Kamis (26/1).

Ia mengakui permintaan serupa telah disampaikan kepada para petinggi polri di daerah, termasuk Kapolda Papua. Hambatan dilapangan memang ada, karena dilihat dari faktor geografis daerah, budaya dan sebagainya.

Apalagi wilayah kerja Polda Papua yang meliputi 41 kabupaten dan kota, dengan hanya memiliki 29 polres.

Sebetulnya jumlah anggota Polri yang bertugas di Papua sudah memadai yakni 1 berbanding 192 orang, sementara didaerah lain ada yang berbanding 1:400, kata Azis menambahkan. Namun, imbuhnya, jumlah tersebut tidak bisa menjadi patokan karena luasnya wilayah serta berbagai kendala yang dihadapi, misalnya sebagian besar transportasi harus melalui udara.

Menurut dia, yang paling dibutuhkan saat ini adalah peningkatan sarana dan prasarana seperti alat komunikasi (alkom) serta transportasi seperti pesawat atau helikopter.

Karena itu dalam waktu dekat pihaknya akan meminta kepada Kapolri untuk menempatkan satu buah pesawat jenis Skytruck ke Polda Papua. Polda Papua sendiri sudah pernah menerima bantuan pesawat Skytruck, namun ke tiganya jatuh dibeberapa lokasi di pedalaman Papua.

Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari

Sumber; www.republika.co.id