Saturday, February 12, 2011

BIAK--MICOM: Sebanyak 1.105 orang atau 97% dari 1.140 guru sekolah dasar di Kabupaten Biak Numfor masih lulusan Sekolah Pendidikan Guru (setingkat SMA) sehingga belum berhak mengikuti sertifikasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kamaruddin pada acara Sosialisasi Penyusunan Renstra Pendidikan di Biak, Kamis, mengatakan, meski jenjang pendidikan guru SD masih dominan lulusan SPG namun keberadaan guru bersangkutan sangat menunjang proses belajar mengajar di berbagai sekolah.

Sementara itu 50% dari 294 guru SMP merupakan sarjana sedangkan 100% guru SMA/SMK berpendidikan sarjana.

Ia mengatakan untuk bisa mencapai guru berstatus sarjana sesuai persyaratan undang-undang, harus mengikuti pendidikan lanjutan pada perguruan tinggi tertentu.

Keberadaan guru di berbagai sekolah saat ini, lanjut Kamaruddin, sangat bervariasi jumlahnya.

Secara keseluruhan Kabupaten Biak Numfor masih kekurangan guru terutama pada bidang studi sains, seperti, fisika, kimia, dan biologi, serta matematika dan bahasa Inggris.

Dia berharap, melalui penyusunan rencana strategis pendidikan Biak diharapkan dapat mengatasi berbagai persoalan pendidikan di daerah terutama meningkatkan mutu pendidikan.

Program penyusunan renstra pendidikan Biak, lanjut Kamaruddin, difasilitasi AuSaid-Unicef dengan melibatkan berbagai pihak terkait maupun pemangku kepentingan di sektor pendidikan.

"Masukan pemikiran untuk perbaikan isu strategis penyusunan renstra pendidikan sangat dibutuhkan demi perbaikan dan kemajuan pendidikan di Biak," katanya. (OL-12)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/202376/88/14/97-Guru-SD-di-Biak-Numfor-Lulusan-SPG