Saturday, February 12, 2011

UNICEF Bantu Papua US$4 Juta

BIAK--MICOM: Badan dunia PBB UNICEF membantu dana sebesar 4 juta dolar AS untuk pengembangan program bidang pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat selama 2010-2012.

Staf UNICEF bidang pendidikan Papua Sri Karna di Biak, Jumat (11/2), mengakui bantuan dana pendidikan UNICEF dialokasikan untuk membiayai sejumlah kegiatan bidang pendidikan di dua provinsi tersebut.

"Melalui bantuan dana UNICEF-Ausaid diharapkan bisa membiayai berbagai program di antaranya manajemen berbasis sekolah, pendampingan pembuatan rencana strategis pendidikan, pelatihan program pendidikan serta kegiatan lain terkait peningkatan mutu pendidikan di Papua dan Papua Barat," ungkap Sri Karna.

Ia mengakui, UNICEF sangat peduli dengan program pendidikan di empat provinsi di Indonesia, yakni Papua, Papua Barat, Nanggroe Aceh Darussalam serta Nusa Tenggara Timur (NTT).

Khusus bagi program pendidikan di Papua dan Papua Barat, menurut Sri, melalui dukungan UNICEF-Ausaid sangat nyata dengan menyediakan bantuan pendanaan untuk memperlancar berbagai program kegiatan sektor pendidikan di daerah paling Timur Indonesia itu.

Selain menyediakan bantuan dana, lanjut Sri, pihak UNICEF perwakilan Papua juga memberikan dana pendampingan pada pembinaan manajemen terhadap pengelola kegiatan.

Sebagai salah satu contoh perhatian UNICEF terhadap program pendidikan, lanjut Sri, lewat dinas pendidikan Biak telah melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang penyusunan rencana strategis pendidikan kabupaten Biak Numfor untuk jangka waktu lima tahun.

"Lewat sosialisasi dan program pendampingan pembuatan sentra pendidikan Biak diharapkan dapat berjalan lancar serta mampu membuat perencanaan strategis program pengembangan pendidikan kedepan," harap Sri Karna.

Beberapa kabupaten lain di Papua dan Papua Barat yang juga mendapat perhatian program UNICEF bidang pendidikan, di antaranya, kabupaten Biak Numfor, Jayawijaya, Jayapura, Mimika, Manokwari, dan Sorong. (Ant/OL-11)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/11/202604/88/14/UNICEF-Bantu-Papua-US4-Juta-