Friday, March 4, 2011

635 Personel Gabungan Polri/TNI Amankan Freeport

TIMIKA--MICOM: Sebanyak 635 personel Polri dan TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Amole Timika terlibat dalam kegiatan pengamanan areal objek vital nasional (Obvitnas) PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua.

Upacara serah terima pasukan Satgas Amole Timika berlangsung Senin (28/2) bertempat di areal PT Freeport Indonesia dipimpin Waka Polda Papua, Brigjen Unggung Cahyono.

Komandan Satgas Amole Timika, AKBP Jeremias Rontini ketika dihubungi di Timika, menjelaskan 635 personel Polri dan TNI tersebut akan menggantikan 635 personel yang sudah selesai bertugas. Masa penugasan anggota Satgas Amole Timika, kata Rontini, yakni selama empat bulan.

Ia mengatakan, personel Satgas Amole Timika kali ini berasal dari kesatuan TNI, Polda Papua dan Korps Brigade Mobil (Brimob) Mabes Polri.

Sementara itu pada Senin pagi sekitar 150 orang personel Brimob dari Mabes Polri Jakarta tiba di Timika menggunakan pesawat carter maskapai Lion Air. Pengamanan areal PT Freeport Indonesia selama ini masih dipercayakan kepada Satgas Amole Timika yang berada di bawah kendali langsung Kepolisian Daerah (Polda) Papua.

Wilayah pengamanan mencakup seluruh areal pertambangan emas, tembaga dan perak PT Freeport Indonesia mulai dari tambang terbuka (open pit) Grassberg Tembagapura hingga Bandara Mozes Kilangin Timika dan Pelabuhan Portsite Amamapare di wilayah Distrik Mimika Timur Jauh yang merupakan pelabuhan pengapalan konsentrat PT Freeport. (Ant/OL-2)

Source: www.mediaindonesia.com