Friday, March 4, 2011

Dana Pemilukada Papua Capai Rp 176 Miliar

[JAYAPURA] Pemerintah Provinsi Papua hanya menyetujui anggaran untuk Pemilihan Gubernur Papua 2011-2016 sebesar Rp 176 Miliar dari lebih dari Rp 300 miliar yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua DR Ahmad Hatari Senin (28/2) siang mengatakan, setelah tim anggaran melakukan verifikasi, yang disetujui hanya Rp 176 Miliar. Anggaran itu pun sudah termasuk untuk putaran kedua. Persetujuan itu pun dilakukan setelah dilakukan perhitungan yang matang sesuai dengan kondisi alam Papua.

Menurut dia, untuk memperlancar kinerja KPU Papua, Pemda Papua sejak tahun 2010, sudah memberikan dana sekitar Rp 25 Miliar. Pemerintah juga telah menganggarkan dana untuk Panwaslu sebesar Rp 32 Miliar dari usulan sebelumnya Rp 65 Milyar.

"Jadi, anggaran yang diberikan kepada KPU dan Panwaslu sudah mempertimbangan dari semua segi, sehingga anggaran yang diusulkan itu kami tidak setujui, karena tim anggaran sudah menghitung dengan matang," kata Hatari.

Diutarakannya, dana ini merupakan dana hibah dari Pemda Papua kepada KPU Papua dan Panwaslu, sehingga akan diberikan dalam waktu dekat ini.

Disinggung masih belum ada ketentuan apakah Pilkada langsung atau lewat DPR Papua? Hatari mengatakan itu bukan urusannya. "Karena pemerintah bekerja sesuai dengan Prosedur. Namum, apabila pilkada lewat DPR Papua, maka anggaran yang sudah diberikan kepada KPU Papua akan dipertimbangkan lagi. Ya, nanti kita lihat kedepan saja, langsung atau tidak itu bukan urusan saja,’’ujarnya. [154]

Source: www.suarapembaruan.com