Thursday, March 17, 2011

Empat Sekolah, Hanya Ada 2 Guru

WAMENA [PAPOS] - Penjabat Bupati Lanny Jaya, Jhon Way, S.Hut sangat prihatin dengan kondisi pendidikan di daerahnya. Hal itu terbukti dari hasil kunjungan kerjanya baru-baru ini di Distrik Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya, di mana ada empat sekolah dasar hanya memiliki dua orang guru saja. Terhadap minimnya guru ini, pihaknya berusaha mencari alternatif mengatasi permasalahan tersebut.

Terhadap kondisi itu, kedua guru itu terpaksa harus secara bergantian mengajar murid-murid di keempat sekolah dasar di distrik tersebut. Sementara untuk tingkat SLTP juga menurutnya belum dapat berjalan karena masih banyak kendala seperti tenaga guru dan fasilitas yang belum ada sama sekali.

Dikemukakannya, letak geografis daerah tersebut yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Nduga dan Kabupaten Puncak memang masih sangat sulit dijangkau sehingga hal itulah yang menjadi salah satu kendala utama kenapa sampai masalah pendidikan pun tidak dapat maju seperti daerah lainnya di Kabupaten Lanny Jaya.

Akses satu-satunya menuju Distrik Kuyawage hanya dengan mencarter pesawat. Itu pun tergantung pada kondisi cuaca. oleh karena itu, pihaknya berupaya agar akses darat harus menjadi prioritas utama dan segera dikerjakan demi mengatasi keterisolasian. Baik dari faktor pendidikan, kesehatan ekonomi dan beberapa faktor lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Distrik Kuyawage. [iwan]


Source: www.papuapos.com