Tuesday, August 2, 2011

Amankan Demo, 700 Personel Dikerahkan

JAYAPURA-Rencana aksi demo yang dilakukan oleh kelompok warga yang mengatasnamakan rakyat Papua untuk mendukung rencana diskusi atau konferensi terkait Pepera di London, Inggris mendapat perhatian serius aparat keamanan. Untuk mengamankan jalanya demo rencananya digelar Selasa (2/8), hari ini, sekitar 700 personel akan dikerahkan.

“Personel yang dikerahkan tersebut merupakan gabungan anggota Polri dan TNI,” ungkap Kapolres Jayapura Kota, AKBP. H. Imam Setiawan, SIK kepada wartawan di Mapolres Jayapura Kota, Senin (1/8).

Kapolres mengatakan, pihaknya tetap akan mengamankan jalannya pelaksanaan aksi demo dan berharap penyampaian aspiras tersebut bisa berjalan terteib dan lancar serta tidak mengganggu ketentraman umum. Sebab apabila dalam aksi tersebut berlangsung anarkis, maka aparat keamanan menurutnya tetap akan mengambil tindakan tegas.

Disinggung mengenai jumlah warga yang akan melakukan aksi demo, Kapolres mengatakan belum mengetahui secara pasti berapa jumlah massa yang akan ikut dalam aksi tersebut. Namun dari laporan yang diterimanya, sekitar 2000 hingga 3000 warga akan ikut dalam aksi demo hari ini.

“Surat yang dimasukkan ke Mapolres Jayapura Kota terkait aksi demo tersebut menyebutkan hanya 200 massa. Tetapi dari laporan yang kami terima di lapangan menyebutkan diperkirakan sekitar 2000 sampai 3000 orang yang akan ikut dalam demo nanti,” ujarnya.
“Untuk itu, kami mengharapkan penyampaian aspirasi tersebut bisa berjalan dengan baik dan tentram serta tidak ada aksi anarkis,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Wachoyono yang ditemui secara terpisah mengharapkan agar masyarakat tidak terprovokasi dan terpencing dengan isu-isu yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab terkait pelaksanan demo, hari ini. “Kami menghimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik serta tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan apalagi sampai terprovokasi,” pintanya. (ro/nat)

Sumber; http://www.cenderawasihpos.com