Friday, August 26, 2011

Dewan Adat Sesalkan Kekerasan di Papua

JAYAPURA--MICOM: Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Forkorus Yaboisembut menyesalkan sejumlah peristiwa kekerasan akhir-akhir ini yang terjadi di sejumlah kabupaten dan kota di wilayah Papua.

"Kami sesalkan sejumlah peristiwa kekerasan ini terjadi di tanah Papua," katanya, di Jayapura, Papua, Jumat (26/8).

Dia menilai sejumlah peristiwa kekerasan di sejumlah daerah kabupaten dan kota di Papua sudah sangat mengkhawatirkan, apalagi terjadi di saat umat muslim sedang menunaikan ibadah puasa yang dinodai tindakan kriminal dengan menelan korban jiwa dan kerugian materi.

"Perbuatan yang sangat tidak bertanggung jawab itu sengaja untuk menodai ibadah puasa umat muslim," katanya.

Menurutnya, sejumlah peristiwa kekerasan di Papua mengakibatkan kerugian materi dan hilangya nyawa warga sipil perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, selain aparat keamanan.

Diharapkan, suasana nyaman dan aman bisa cepat terbentuk kembali dan warga bisa merasakan ketenteraman.

"Yah, ini tanggung jawab kita bersama. Sebagai Ketua DAP saya juga memohon maaf kepada umat muslim karena itu merupakan perbuatan oknum/kelompok tertentu," katanya.

Yaboisembut mengajak seluruh warga dari berbagai lapisan di kabupaten/kota di Papua untuk menghadapi permasalahan ini dengan bijak dan arif, sehingga tidak menyelesaikan masalah ini dengan tergesa-gesa.

"Mari selesaikan masalah yang ada saat ini dengan bijak dan cara santun-damai, agar kita semua bisa selalu hidup rukun," ajaknya.

Ia pun berharap aparat keamanan di Papua bisa bekerja secara profesional ungkap berbagai peristiwa ini sesegera mungkin. (Ant/OL-10)

sumber; http://www.mediaindonesia.com