Monday, August 22, 2011

Papua Terima Kucuran Dana Tambahan Rp1 Triliun

JAYAPURA--MICOM: Pemerintah Provinsi Papua mendapat tambahan alokasi dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1 trilun tahun 2012, untuk pembangunan infrastruktur di daerah itu yang anggaran itu sudah masuk dalam RAPBN.

Penjabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai menjelaskan tambahan dana sebesar Rp1 triliun tersebut dijanjikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pidato nota pengantar keuangan pada Selasa (16/8).

"Ya, dengan adanya tambahan itu, saya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Jakarta untuk membicarakan hal tersebut. Memang pada saat menyampaikan pidato kenegaraan, Presiden menyampaikan soal tambahan dana tersebut," kata Syamsul Arief Rivai kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (17/8).

Dengan adanya tambahan dana tersebut, kata Gubernur, dirinya akan meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), asisten II, serta dinas terkait dengan infrastruktur Provinsi Papua untuk segera menyiapkan program, seingga apabila anggaran itu datang betul-betul terarah.

"Saya sudah meminta pihak Bappeda, asisten II, dan dinas-dinas dengan pembangunan ifrastruktur untuk menyiapkan program, agar pada saat dana tersebut diberikan Pemerintah Pusat dapat benar-benar terarah untuk pembangunan di Papua," katanya.

Dijelaskannya, dana tambahan sebesar Rp1 triliun berbeda dengan dana Otonomi Khusus (Otsus). Jadi ini murni dana tambahan untuk pembangunan infrastruktur di Papua.

"Selama ini kita kan sudah mendapat dana Otsus. Jadi dana sebesar Rp1 triliun itu murni dana tambahan untuk pembangunan infrastruktur," tandasnya. (Ant/OL-2)

Sumber; http://www.mediaindonesia.com