Tuesday, August 9, 2011

Pemerintah akan Lakukan Koordinasi Masalah Papua

JAKARTA--MICOM: Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan daerah dan dengan aparat-aparat terkait untuk mencari langkah dan solusi dalam penyelesaian masalah di Papua.

"Kita tidak akan mentolerir gerakan separatisme," tukas Purnomo di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (4/8). "Kita harus melakukan koordinasi dengan daerah karena daerah itu tahu persis duduk permasalahannya seperti apa."

Sebelum melakukan koordinasi, Menhan menekankan pentingnya untuk membedakan apakah masalah yang kini terjadi di Papua merupakan tindak kriminal atau memang sudah gerakan separatisme.

"Nah, di situlah kita melakukan koordinasi. Tadi juga disampaikan bahwa pasukan kita juga ada di sana dan tadi juga ada masukan dari berbagai macam pihak," kata Purnomo.

Ditanya apakah masalah di Papua ini ada dukungan dari internasional terhadap Organisasi Papua Merdeka (OPM). Menhan menjawab,"Ada kemungkinan itu. Tapi kita belum sampai kepada kesimpulan itu."

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Pramono Edhie Wibowo mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan penambahan personil di Papua.

"Sementara ini kami menganggap pasukan di Papua masih cukup. Hanya intensitas patroli yang kita tingkatkan," tegasnya.

Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin akan membicarakan masalah Papua dengan Kementerian Dalam Negeri. "Penyelesaiannya berangkat dari Otsus (Otonomi Khusus) seperti apa. Lalu, hasil evaluasi Otsus seperti apa. Kemudian juga kami akan mengundang Kementerian Luar Negeri bagaimana kasus seperti ini. Dan tidak mustahil kita bicara dengan tokoh-tokoh yang ada di Papua." (*/OL-12)

Sumber; http://www.mediaindonesia.com