Saturday, August 6, 2011

Ribuan Anak di Merauke Tak Bersekolah

MERAUKE, KOMPAS.com — Sedikitnya 2.574 anak usia sekolah dasar 7-12 tahun di Merauke, Papua, tidak mengenyam bangku sekolah dasar sederajat. Dari jumlah penduduk usia 7-12 tahun di Merauke, yakni 35.375 anak, jumlah siswa SD/MI/SDLB yang terdaftar sebagai siswa sebanyak 32.621 orang.

Hal itu terlihat dari data Badan Pusat Statistik tahun 2010. Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke Vincentius Mekiuw bahkan secara lugas meragukan data tersbut dan memperkirakan, jumlah anak usia sekolah dasar yang tidak bersekolah lebih dari data tersebut.

"Saya yakin kenyataannya masih lebih banyak lagi anak-anak yang tidak bersekolah, terutama di daerah-daerah pedalaman," ungkap Vincentius di Merauke, Papua, Kamis (4/8/2011).

Ia mengungkapkan, salah satu kendala pendidikan di Meruke adalah kesadaran akan pentingnya pendidikan dari para orangtua masih kurang. Pihaknya mengakui, tantangan pendidikan di Merauke adalah layanan pendidikan, baik tingkat dasar maupun menengah, belum sepenuhnya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil dan sangat terpencil.

Sumber; http://internasional.kompas.com