Saturday, September 17, 2011

Konflik Papua, Pemerintah AS Dukung Indonesia

JAKARTA--MICOM: Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan dukungan kepada Indonesia dalam dugaan meningkatnya kegiatan separatis di Papua untuk memisahkan dari dari NKRI.

Meski begitu, perwakilan Negeri Paman Sam di Jakarta mengakui ada beberapa masalah di Papua yang bisa dituntaskan melalui jalur dialog. Terutama, memperbaiki taraf hidup di masyarakat setempat.

Hal itu diungkapkan Dubes AS untuk Indonesia Scot Marciel seusai menghadiri acara Kampanye Kreatif melalui Ide Cerita dan Film Antikorupsi sebagai dukungan Masyarakat dan Dunia Internasional terhadap KPK, di Kantor KPK, Jakarta, Rabu (14/9).

"Posisi AS adalah mendukung Papua sebagai bagian dari Indonesia. Kami tidak mendukung gerakan separatis," tutur Marciel kepada Media Indonesia.

Menurut Marciel, pemerintah AS mendukung penuntasan sentimen di Papua dengan mengedepankan negosiasi. Ia mengatakan beberapa hal yang dapat dibicarakan antara lain masalah ekonomi dan lain sebagainya.

Saat ditanya mengenai pengalaman Indonesia di masa lalu mulai dari Timor Leste (dulu Timor Timur) yang akhirnya lepas atau Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang berakhir damai, Marciel menilai upaya untuk mencari solusi melalui jalan damai akan lebih membuahkan hasil.

Walau begitu, Marciel mengatakan tidak akan ada intervensi asing kepada pemerintah Indonesia. "Saya rasa ini merupakan keputusan bagi Indonesia. Bukan pemerintah asing," ujar Marciel lagi. (SZ/OL-2) 


Sumber; http://www.mediaindonesia.com