Saturday, February 11, 2012

Parlemen Belanda Larang Jual Tank Leopard ke Indonesia

JAKARTA--MICOM: Parlemen Belanda mengancam akan menggelar mosi tidak percaya jika pemerintah Belanda tetap berkukuh menjual tank Leopard ke Indonesia.

Demikian diungkapkan anggota DPR Komisi I Tubagus Hasanuddin mengutip pernyataan Mariko Peters, seorang anggota parlemen Belanda yang sempat menggelar pertemuan dengan komisi I di Jakarta, pekan lalu.

"Dalam pertemuan tersebut Mariko menyampaikan informasi bahwa Parlemen Belanda memutuskan melarang penjualan tank Leopard. Bahkan parlemen Belanda mengancam akan menggelar mosi tidak percaya jika pemerintahan Belanda nekat menjual tank tersebut," kata Hasanuddin di Komplek DPR, Jakarta, Kamis (9/2).

Namun demikian, menurut Hasanuddin, pemerintah Belanda sendiri masih menyimpan asa soal jual beli Leopard ini sukses. "Ada kemungkinan pemerintah Belanda akan melobi parlemen Belanda dan pemerintah Indonesia demi menyukseskan deal ini. Tim TNI yang dipimpin oleh Wakasad (Wakil Kepala Staf Angkatan Darat) sendiri sudah menyampaikan akan membeli jika pemerintah Belanda memang menjual," katanya lagi.

Sebelumnya, alasan penolakan karena terkait hak asasi manusia (HAM). Namun, hal itu dibantah Indonesia.

"Lalu kemudian muncul alasan parlemen Belanda khawatir pemerintah Indonesia kesulitan merawat tank ini," kata Hasanuddin. (*/OL-04)

Source; www.mediaindonesia.com