Saturday, September 25, 2010

AKSI DAMAI MASYARAKAT ASLI PAPUA, DESAK PERTEMUAN DI KONGRES AS SELESAIKAN MASALAH PAPUA LEWAT REFERENDUM

Jayapura, 23 September 2010

Kamis 23 September 2010, pukul 13.21 Wit, masyarakat Papua yang tergabung dalam Kominte Nasional Papua Barat (KNPB) lakukan aksi damai di Taman Makan al. Theis Hiyo Eluay di Sentani. Massa yang hadir diperkirakan berjumlah 3000-an orang. Koordinator aksi, Musa Tabuni(35) mengatakan bahwa, aksi hari ini bertujuan untuk mendukung pertemuan yang berlangsung di Kongres AS. Selain itu kata Musa Tabuni, persoalan papua telah menjadi perhatian dunia, untuk itu solusi terbaik untuk penyelesaian Wilayah Papua adalah melalui Referendum.

Musa Tabuni dalam kesempatan itu juga mengatakan ”Sebagai generasi papua, kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pejuang-pejuang Bangsa Papua baik yang gugur di medan pertempuran, juga yang masih ada dan terus melakukan perjuangan di seluruh Tanah Papua” ungkap Tabuni. Saul Tabuni, yang memperoleh kesempatan menyampaikan orasi politik mewakili Tahanan Politik (TAPOL) Papua, mengatakan persoalan Papua tidak bisa diselesaikan dengan pemberian Otonomi Khusus (Otsus). Solusinya adalah melalui Referendum, tegas Saul.

Dalam demonstrasi itu massa juga membentangkan spanduk dengan thema Referendum bagi Papua. Salah spanduk yang dibentangkan bertuliskan ”Referendum adalah solusi terbaik untuk penyelesaian masalah Papua”. Massa juga mengibarkan sejumlah bendera kebangsaan Ingris, bendera kebangsaan dari United State of America, New Zealand, Papua new Guinea, Afrika Selatan, Fiji, Denmark, Australia, Saudi Arabia, Korea Selatan, dan bendera kebangsaan Jepang.

Dalam aksi demonstrasi damai yang dilaksanakan kelompok Penjaga Tanah Papua berada di sekitar lokasi demonstrasi untuk mengamankan berlangsungnya demonstrasi. Sementara di depan Pos Polisi yang berhadapan dengan Makam Theis, ada 5 (lima) anggota polisi (Satlantas) sedang berdiri menertibkan kendaraan yang lewat sehingga tidak terjadi kemacetan lalulintas. Pukul 17.13 Wit, massa membubarkan diri dengan tertip. Laporan masyarakat di sekitar Abepura mengatakan melihat tiga truck dari satuan Brimob Polda Papua beriringan dari arah Abepura menuju ke arah Sentani. @