Thursday, February 17, 2011

Jayapura Canangkan Sehari Tanpa Beras

TEMPO Interaktif, Jayapura - Pemerintah daerah Kabupaten Jayapura mencanangkan one day no rice atau sehari tanpa mengkonsumsi beras. Pencanangan ini diperkuat dengan dikeluarkannya Instruksi Bupati Nomor 1 tahun 2011 tentang Sehari Tanpa Mengkonsumsi Beras. ”Ini untuk terwujudnya ketahanan pangan dan juga upaya mengembangkan tanaman pangan lokal, seperti jagung, umbi-umbian, dan sagu,” kata Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae saat dihubungi, Sabtu (12/2).

Dia menegaskan, dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, masyarakat diminta tidak hanya tergantung pada beras. Sebab, menurut Bupati Habel, tidak selamanya produksi beras dapat dihasilkan. ”Penanaman beras juga sangat tergantung kepada cuaca dan iklim,” kata dia.

Sehari sebelumnya, pemerintah daerah setempat mulai mencanangkan sehari tanpa mengkonsumsi beras di Kampung Kuipons Distrik Nimboran. Setelah Kampung Kuipons, Bupati Habel mengatakan, akan ada kampung-kampung lain yang mengikuti jejak kampung Kuipons. “Kami berharap dengan adanya pengembangan pangan lokal juga dapat meningkatkan perekonomian petani setempat,” jelasnya.

Bupati Habel juga meminta masyarakat saat mengadakan pesta atau acara sejenisnya mulai menyediakan panganan lokal. Menurut dia, kandungan gizi panganan lokal tak kalah dengan beras atau makanan lain. Dia berharap pencanangan ini dapat segera disosialisasikan kepada kaum muda, mulai dari murid sekolah dasar hingga perguruan tinggi. “Mudah-mudahan ada kabupaten lain yang akan mengikuti jejak kami untuk mencanangkan sehari tanpa beras,” kata Habel. (Cunding Levi)


Sumber: www.tempointeraktif.com