Tuesday, February 15, 2011

Wapres Pimpin Rapat 22 Menteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono kembali mendapat tugas dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengoordinasi para menteri guna percepatan pembangunan di Papua. Untuk itu, Wapres akan memimpin rapat 22 menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di Istana Wapres, Jakarta.

Rapat akan dihadiri tiga menteri koordinator yaitu bidang politik, hukum dan keamanan, bidan perekonomian, dan bidang kesejahteraan rakyat. Selain itu, para menteri yang dijadwalkan hadir antara lain Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pertanian, Menteri Perikanan dan Kelauatan serta menteri lainnya.

Namun, dari informasi yang diterima Kompas di Istana Wapres, Gubernur Papua Barnabas Suebu dan Gubernur Papua Barat Abraham O Ataruri justru tidak hadir. "Mereka, kan sudah hadir pada rapat pertama di saat sidang kabinet bulan lalu di Kantor Presiden yang menjelaskan mengenai kondisi di daerahnya. Sekarang, tinggal para menteri memaparkan program kerja yang akan dilakukan untuk percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat," ujar seorang pajabat Istana Wapres kepada Kompas.

Dalam kesempatan lain, Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat juga memastikan, dua gubernur di Pulau Kepala Burung Cendrawasih itu belum hadir dalam rapat siang ini. "Iya, ini rapat lanjutan membahas konsep dan rancangan peraturan presiden (perpres) mengenai Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat. Karena, konsep ini, kan, harus dibawa juga ke Papua dan Papua Barat untuk meminta tanggapan mereka," ujarnya.

Batal

Sementara itu, dari istana dilaporkan, Rapat Kabinet Paripurna bidang Perekonomian yang agendanya membahas hasil retret ekonomi yang digagas Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Istana Bogor pekan lalu batal. "Presiden sendiri yang membatalkan rapat," kata pejabat Istana Wapres.

Agenda Presiden hari ini hanya akan menghadiri peringatan Hari Imlek di Balai Samudera, Kepala Gading, Jakarta Utara, Senin malam.


Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2011/02/14/09034757/Wapres.Pimpin.Rapat.22.Menteri