Friday, March 4, 2011

Bantuan Korban Wasior Menumpuk di Dinas Sosial

Biak: Barang-barang bantuan untuk masyarakat Kabupaten Biak, Numfor, Papua, yang menjadi korban banjir Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, hingga awal Maret 2011 masih menumpuk di gudang Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskesos) setempat.

Data yang diperoleh dari bidang bantuan sosial Diskesos Biak, Kamis (3/3) menyebutkan, sekitar enam ton bahan bantuan korban banjir bandang Wasior berupa mi instan, air mineral serta pakaian layak pakai belum terkirim ke Wasior, karena masih menunggu ketersediaan angkutan kapal.

Kepala Dinas Kesejehteraan Sosial Kabupaten Biak, Felik Rumbewas, ketika dikonfirmasi wartawan di Biak, membenarkan pihaknya belum dapat mengirimkan bantuan masyarakat Kabupaten Biak Numfor, untuk korban banjir Wasior karena persoalan angkutan laut yang terbatas.

"Sesuai koordinasi dan petunjuk Sekda Biak, barang bantuan masyarakat untuk korban banjir bandang Wasior segera dikirim dalam pekan ini setelah pulang dari kunjungan kerja ke pulau Numfor," ungkap Felix Rumbewas

Sementara itu, Kepala Bidang Bantuan Sosial Diskesos Yan Domeng mengatakan, meski pengiriman barang bantuan terlambat karena masalah angkutan, barang bersangkutan tetap masih tersimpan utuh di Gudang Diskesos.

Berbagai jenis barang bantuan tersebut masih aman dikonsumsi karena batas kadaluarsanya masih berlaku hingga beberapa bulan ke depan.

Menyinggung bantuan uang masyarakat yang dihimpun Diskesos, menurut Domeng, bantuan uang telah dikirim ke rekening posko penanggulangan bencana alam banjir Wasior, Kabupaten Teluk Wondama.

"Bukti transfer pengiriman uang untuk korban banjir Wasior melalui Bank Papua ada di petugas pengelola bantuan sosial," ujarnya. (Ant/RIZ)

Source: www.metrotvnews.com