Tuesday, August 2, 2011

Pemerintah tingkatkan kewaspadaan di Papua

JAKARTA: Pemerintah meningkatkan kewaspadaannya menyangkut beredarnya kabar akan dilakukan demo besar-besaran yang dilakukan oleh kelompok tertentu yang mengatasnamakan rakyat Papua guna mendukung rencana konferensi di London, Inggris terkait PEPERA 1969, hari ini.

Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan pihak kepolisian telah mengantisipasi terkait kabar adanya rencana demo besar-besaran yang dilakukan hari ini tersebut.

“[Saya] dengar isu-isu itu. pasti aparat setempat [telah mengantisipasinya]. Demo kan boleh sejauh [dilakukan dengan tertib dan].polda kan sudah pasti antisipasi,” kata Djoko menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden hari ini.

Dia mengatakan pemerintah tidak membentuk tim khusus pasukan untuk menantisipasi kabar di Papua tersebut, pengamanan dilakukan oleh kepolisian di tingkat polda.

Ketika ditanyakan apakah tidak mengkhawatirkan jika sampai terjadi kerusuhan, Menkopolhukam mengatakan pemerintah telah meningkatkan kewaspadaannya untuk itu. “Kita harus waspada kalau ada kejadian seperti itu,” kata Djoko.

Dalam kesempatan sama Kapolri Timur Pradopo mengatakan sampai saat ini kondisi di Papua tetap kondusif, dan pihak kepolisian melakukan langkah untuk mengantisipasi terkait adanya kabar bakal ada demo besar pada hari ini di Papua.

Timur mengatakan personel polisi yang diturunkan mengamankan diatur oleh Polda Papua. “Sampai sekarang laporan dari Papua kondusif. Semua berjalan dengan aman, semua berproses sesuai ketentuan. Bagaimana berunjuk rasa sesuai ketentuan,” kata Timur.(api)



Sumber; http://www.bisnis.com