Friday, August 12, 2011

Rp 15 M Dana Pengamanan Pilgub

MANOKWARI-Keamanan itu cukup mahal, termasuk untuk mengamankan pesta demokrasi Pemilukada. Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat,Ir M.L. Rumadas,MSi mengatakan, pemerintah daerah telah mencairkan dana Rp 15 M kepada aparat keamanan untuk keperluan pengamanan Pemilukada Gubernur-Wakil Gubernur.

‘’Yang kita cairkan untuk pergeseran pasukan itu Rp 15 miliar,’’ ujarnya kepada wartawan saat ditemui di kantornya.

Rumadas mengatakan,dana pengamanan Rp 15 M tersebut dialokasikan secara khusus terpisah dengan dana untuk keperluan KPU (Komisi Pemilihan Umum).‘’Itu (dana Rp 15 M) kita serahkan langsung ke angkatan (aparat keamanan) diluar dana untuk KPU. Kita takutkan kurang,sehingga untuk putaran kedua akan dianggarkan pada APBD Perubahan,’’ tukasnya lagi.

Dana pengamanan Pemilukada yang paling besar untuk serpas (pergeseran pasukan). Ribuan aparat kepolisian yang diback-up personel TNI mengamankan jalannya Pemilukada,terutama saat pelaksanaan pemungutan di TPS (tempat pemungutan suara) suara 20 Juli 2011 lalu hingga pengamanan jalannya rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Dikatakan, Pemprov Papua Barat juga telah mengantisipasi bila terjadi pemilukada putaran kedua yang alokasinya dananya akan dianggarkan pada APBD Perubahan 2011. Kebutuhan dana pengamanan banyak terserap pada kegiatan pelantikan kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih nanti.

Mengenai dana Pemilukada yang diajukan oleh KPU menurut Sekda,dicairkan secara bertahap berdasarkan kebutuhan. Dana yang dibutuhkan cukup besar karena tahapan Pilgub Papua Barat telah beberapa kali mengalami penundaan.(lm/nan)

Sumber; http://www.cenderawasihpos.com