Saturday, September 24, 2011

18 Ton Kopi Arabica Baliem Diekspor ke Amerika

TEMPO Interaktif, Jayapura - Koperasi Baliem Arabica dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, bulan Oktober ini akan kembali melakukan ekspor kopi organik jenis Arabica ke Amerika Serikat. "Kami akan ekspor sebanyak 18 ton," kata Sekretaris Koperasi Baliem Arabica, Yudas Kenelak, saat ditemui di acara Pameran Kerajinan dan Produk Usaha Kecil Menengah se-Provinsi Papua di Kota Jayapura, Jumat, 23 September 2011.

Yudas mengatakan, jika ekspor itu terlaksana dan berhasil, maka pihaknya sudah tiga kali mengekspor kopi organik jenis Arabica dari Wamena ke Amerika. "Ekspor pertama sebanyak 18 ton dilakukan pada tahun 2008 lalu dan ekspor kedua dengan jumlah dan tujuan negara yang sama, yakni ke Amerika Serikat, dilakukan pada tahun 2010 lalu," katanya.

Menurut Yudas, walau saat ini ia hanya memiliki 14 ton kopi Arabica hasil pengumpulan dari para petani kopi di Distrik Yalengga-Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pihaknya optimis dalam sebulan ke depan sudah bisa mengumpulkan dan memenuhi target 18 ton tersebut .

"Sebab, selain di Distrik Yelengga, Kabupaten Jayawijaya ada 25 hektar, kami juga tinggal mengambil kopi Arabica dari para petani kopi yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Jayawijaya lainnya, di antaranya Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Nduga, dan Kabupaten Puncak Jaya," katanya.

Sebenarnya, kata Yudas, koperasi yang dikelolanya itu mampu mengekspor kopi jenis Arabica lebih dari 18 ton. Namun, saat ini sudah banyak pedagang atau pembeli lokal yang juga ikut membeli kopi Arabica dari Wamena yang kemudian dijual ke daerah lainnya.

"Koperasi kami mulai fokus menggarap kopi Arabica sejak tahun 2005 sehingga saat ini sudah memiliki 600 anggota dan kami targetkan bisa mencapai 2000 anggota," katanya.

CUNDING LEVI

Sumber; http://www.tempointeraktif.com/